SI KECIL GEMAR MENGGIGIT?

Pada usia 4 bulan, saat gigi mulai tumbuh, anak-anak mulai senang menggigit-gigit segala sesuatunya. Awalnya, bermula untuk menguji kekuatan giginya dan menunjukkan bahwa ia telah siap untuk makan makanan tambahan. Dan itu wajar.

Tapi, bagaimana jika ia semakin besar dan kebiasaan menggigit ini masih saja melekat padanya? Dan ia senang menggigit Anda, saudaranya, atau teman-teman bermainnya?

Pada anak batita atau balita, kadang kala mereka menggigit karena rasa gemas akan sesuatu. Atau mereka berniat untuk main-main. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melakukannya pada anak-anak atau menggigit pasangan Anda di hadapannya. Karena anak-anak mudah meniru hal tersebut.

Namun, jika kebiasaan menggigit ini sudah sampai pada taraf menyakiti temannya atau bahkan Anda sendiri, segera minta ia untuk berhenti secara tegas. Katakan bahwa gigitannya menyakitkan dan ia tidak boleh melakukannya lagi. Berikan konsekuensi yang sesuai jika ia masih juga menggigit.

Terkadang pula, anak-anak menggunakan giginya sebagai senjata untuk melindungi dirinya dari gangguan anak lain. Ia mungkin kesal dan frustrasi terhadap kawan bermainnya sehingga menggigit. Nah, tegaskan padanya bahwa giginya bukan untuk menyakiti orang lain. Awasi ia di saat ia bermain. Ajarkan ia cara “membela diri” yang lebih baik daripada menggunakan gigi untuk menggigit.

About bunda 426 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.